Jumat, 14 Oktober 2016

Jangan lupa di share ya agar banyak jiwa yang di berkati
Pengembangan diri adalah sesuatu yang sangat penting agar pengetahuan kita semakin maju dan bertambah. Untuk itu, tidak ada jalan lain kecuali belajar, belajar, dan belajar. Belajar adalah salah satu cara dalam usaha kita mengembangkan diri melalui Iptek. Ada beberapa cara mengembangkan diri melalui Iptek.
Anak dan Teknologi
  1. Peduli terhadap perkembangan Iptek.
    Perkembangan Iptek yang terjadi di sekitar kita berlangsung dengan cepat. Sebagai generasi muda, kita tidak boleh menutup mata dan diri kita atas segala perkembangan Iptek yang terjadi di sekitar kita sehingga kita tidak ketinggalan zaman.
  2. Bersikap kritis terhadap perkembangan Iptek.
    Iptek memang sangat bermanfaat bagi manusia, tetapi juga tidak dimungkiri ada dampak negatifnya. Karena itu, sangat dibutuhkan sikap kritis terhadap segala perubahan. Sisi baik atau tidaknya Iptek harus disesuaikan dengan budaya, agama, undang-undang, dan Pancasila. Dengan demikian, Iptek yang kita gunakan dan kita kembangkan tidak merugikan diri sendiri dan orang lain.
  3. Memanfaatkan Iptek yang sudah ada sebaik mungkin.
    Setelah kita menyaring Iptek yang kita terima, kita harus memanfaatkannya sebaik mungkin. Jangan sampai kita menyalahgunakan Iptek untuk hal-hal tertentu yang tujuannya hanya akan merugikan diri sendiri. Jangan pula kitagaptek (gagap teknologi).
  4. Ikut mengembangkan Iptek yang sudah ada.
    Kita tidak boleh cepat puas dengan hanya menerima Iptek yang sudah ada, tetapi kita juga harus ikut serta dalam mengembangkan Iptek tersebut. Ada banyak cara untuk mengembangkan Iptek tersebut, misalnya dengan mengadakan penelitian. Untuk siswa SMA, penelitian tidak perlu muluk-muluk. Kamu bisa mencobanya dengan hal-hal yang sederhana melalui kegiatan KIR (Karya Ilmiah Remaja).
  5. Kreatif dalam menciptakan ide-ide baru.
    Sangat baik untuk ikut menciptakan ide-ide baru dalam Iptek. Ide-ide itu bisa kita dapat dari segala sesuatu yang ada di sekitar kita, bahkan mimpi atau impian kita. Yang kita perlukan untuk dapat mewujudkan ide kita selain belajar adalah:
    1. Kita harus selalu yakin dan percaya bahwa kita bisa.
    2. Jika kita gagal, jangan mudah putus asa. Coba lagi karena untuk berhasil perlu perjuangan.
    3. Jangan buang-buang waktu dan kesempatan.
    4. Jangan lupa berdoa.
Abad ke-21 adalah era globalisasi di mana Iptek, terutama teknologi informasi, akan mendominasi dunia, termasuk Indonesia. Dalam era globalisasi, tak ada batas-batas negara dan batas wilayah karena batas-batas tersebut menjadi kabur karena teknologi informasi. Kita harus menguasainya. Jika tidak, kita akan tersisih.
Landasan Alkitab
  1. Kejadian 1:28"... taklukkanlah ... berkuasalah ...."
    Ayat ini mengingatkan kepada kita akan perintah/mandat Allah agar kita bekerja dan melakukan sesuatu. Apakah itu? Yaitu, menaklukkan dan berkuasalah. Itu berarti kita harus memakai segala yang ada pada kita dan potensi kita untuk mengolah dan mengelola alam ini agar bermanfaat bagi manusia. Dan, untuk itu, kita telah dilengkapi dengan "gambar Allah" dengan segala perangkatnya yang memungkinkan kita bisa melaksanakan mandat Allah ini. Untuk itu, kita perlu mengembangkan diri dengan terus-menerus belajar agar bisa memanfaatkan alam sebaik-baiknya.
  2. Kejadian 2:15"... untuk mengusahakan dan memelihara taman itu."
    Ayat ini mempunyai maksud yang sama/paralel. Tidak hanya mengusahakan, tetapi juga memelihara untuk generasi penerus kita. Kita harus berpikir bagaimana generasi penerus kita juga menikmati alam anugerah Tuhan ini.
  3. Amsal 6:6"... hai pemalas pergilah kepada semut, perhatikanlah lakunya dan jadilah bijak."
    Ayat ini berisi peringatan agar kita tidak malas karena kemalasan bukan yang dikehendaki Tuhan. Manakala kita malas, kita diingatkan agar melihat semut. Semut itu kecil tidak berdaya dan mudah sekali dibunuh. Namun, ia mempunyai daya juang, kegotongroyongan atau kerja sama yang hebat. Amatilah butiran nasi yang dibawa semut beramai-ramai. Dari hasil jerih payah kita, kita mendapatkan sesuatu, kepandaian, keterampilan, dan pengetahuan.
  4. 2 Tesalonika 3:10"... jika seorang tidak mau bekerja, janganlah ia makan."
    Ayat ini juga memberi peringatan yang sama agar tidak malas. Barangsiapa bekerja, ia akan makan. Barangsiapa yang belajar akan melakukan sesuatu, ia akan mendapatkan hasilnya.
Dari ke-4 ayat Alkitab ini, jelas bagi kita bahwa kita diperintahkan untuk mengembangkan diri agar kita dapat mengolah dan mengelola alam ini dengan tujuan kesejahteraan manusia dan kemuliaan Tuhan. Untuk itu, kita harus rajin belajar dan mengusahakan tanpa lelah, berjuang terus. Dan, Tuhan berjanji "jerih payahmu tidak sia-sia".

sumber: http://remaja.sabda.org/

HIDUP INI ADALAH KESEMPATAN

Sound Of Praise Bapa Kupercaya PadaMu

Kita dipilih Jpcc

Engkau Setia Jpcc

Makna Natal 2017

Dengan Apa Kan Kubalas

Pelayanan IG

Gabung yukkk
KOMSEL: Selasa jam 18:00 wita-selesai...
IG BERMISI: Jumat 18:00 wita - selasai...

Terima ayat harian

------------Yesus Adalah Tuhan-----------

Youth IG

Kutipan Tentang Kehidupan

Arti sebuah pengharapan

INDONESIA PRAYER MOVEMENT

Ilustrasi Pengorbanan Tuhan Yesus

3 Cara meniggalkan Masa Lalu

Ayat emas hari ini

Search

Ketik kata atau ayat:

Alkitab Bahan

Buku Tamu

Popular Posts